Select Page

AREA II PENATA LAKSANA

Area ini bertujuan untuk mengubah secara sistematis dan konsisten mekanisme kerja pola pikir (mind set) serta budaya kerja (cultur set) individu pada Pengadilan Tata Usaha Negara Kendari  agar menjadi lebih baik sesuai dengan tujuan dan sasaran pembangunan Zona Integritas. Target yang ingin dicapai adalah:

  1. Meningkatnya komitmen seluruh jajaran pimpinan dan anggota Pengadilan Tata Usaha Negara Kendari  dalam membangun Zona Integritas menuju WBK.
  2. Terjadinya perubahan pola pikir dan budaya kerja
  3. Pimpinan satuan kerja dan pejabat struktural dibawahnya harus berperan sebagai role model/keteladanan dalam pelaksanaan pembangunan Zona Integritas.
  4. Menurunnya resiko kegagalan karena adanya resistensi perubahan.

Penataan tatalaksana bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas sistem, proses dan prosedur yang jelas serta terukur pada Zona Integritas menuju WBK.

Target yang ingin dicapai:

  1. Meningkatnya penggunaan teknologi informasi dalam proses penyelenggaraan manajemen di Pengadilan Tata Usaha Negara Kendari  menuju WBK
  2. Meningkatnya efisiensi dan efektivitas proses manajemen Pengadilan Tata Usaha Negara Kendari  menuju WBK.
  3. Meningkatnya kinerja menuju WBK.

Untuk mencapai target tersebut Pengadilan Tata Usaha Negara Kendari  melakukan upaya dengan indikator-indikator sebagai berikut :

  1. Membuat SOP yang mengacu pada bisnis proses
  2. Membuat SOP turunan yang diterbitkan oleh pusat
  3. Membuat SOP inovasi, kegiatan tersebut dilengkapi dengan dokumen bisnis proses pusat, SOP pusat, SOP Inovasi
  4. Memastikan pelaksanaan tugas pegawai sesuai SOP dengan memasang informasi tentang alur atau prosedur layanan. Kegiatan ini juga dilengkapi dengan pemasangan alur prosedur layanan dan foto-foto kegiatan.
  5. Melakukan evaluasi SOP
  6. Membuat laporan hasil evaluasi SOP
  7. E-Office

Pengukuran indikator ini dengan mengacu:

  • sistem pengukuran kinerja unit melalui aplikasi E-Monev, SIPP, dan Komdanas
  • sistem pengukuran inndividu melalui jurnal harian melaui aplikasi E-LLK

Kegiatan tersebut dilengkapi dengan data dukung aplikasi E-Monev, SIPP, Komdanas dan E-LLK.

  1. Memastikan manajemen SDM dengan menggunakan Aplikasi SIKEP
  2. Pelayanan publik berbasis aplikasi : penggunaan IT di PTSP, SIPP, Antrian Sidang, Aplikasi PNBP Online, adanya Website dan adanya Sosial Media (FB, IG, Youtube). Kegitan tersebut dilengkapi dengan data pendukung: Capture Website, aplikasi layanan dan media sosial.
  3. Melakukan evaluasi dan monitoring terhadap pemanfaatan teknologi informasi per 6 bulan. Kegiatan tersebut dilengkapi dengan undangan, notulen, daftar hadir, foto-foto dan dokumen monitoring
  4. Keterbukaan informasi publik.

Indikator yang dilakukan yang mengacu pada kebijakan tentang keterbukaan informasi publik yang sudah di terapkan di Pengadilan Tata Usaha Negara Kendari  meliputi:

  • Menyiapkan informasi dengan berbagai infrastruktur dan konten yang memadai, disertai sikap dan keterbukaan. Prosedur yang memadai dengan indikasi memiliki website yang mudah diakses
  • Menerapkan keterbukaan informasi publik meliputi persyaratan berperkara, alur berperkara, papan panjar biaya perkara melalui spanduk/banner , website dan media sosial.

Kegiatan tersebut dilengkapi dengan data dukung: Capture anggaran DIPA di Website, Capture spanduk, Website dan Medsos.

  1. Monitoring dan evaluasi
    Melakukan monitoring dan evaluasi terhadap kegiatan informasi publik. Membuat laporan hasil monitoring yang di dukung dengan undangan, notulen, daftar hadir, foto-foto dan dokumen laporan.Adapun eviden untuk mencapai target-target adalah sebagai berikut :

 

PEMENUHAN
No Sub Area Evidence
1 Prosedur Operasional Tetap (SOP) Kegiatan Utama Sub Area 1 Instrumen 1
Sub Area 1 Instrumen 2
Sub Area 1 Instrumen 3
2 Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Sub Area 2 Instrumen 1
Sub Area 2 Instrumen 2
Sub Area 2 Instrumen 3
Sub Area 2 Instrumen 4
3 Keterbukaan Informasi Publik Sub Area 3 Instrumen 1
Sub Area 3 Instrumen 2

 

 

REFORM
No Sub Area Evidence
1 Peta Proses Bisnis Mempengaruhi Penyederhanaan Jabatan Sub Area 1 Instrumen 1
Sub Area 1 Instrumen 2
Sub Area 1 Instrumen 3
2 Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang Terintegrasi Sub Area 2 Instrumen 1
Sub Area 2 Instrumen 2
3 Transformasi Digital Memberikan Nilai Manfaat Sub Area 3 Instrumen 1
Sub Area 3 Instrumen 2
Sub Area 3 Instrumen 3

 

 

 

 

DASAR HUKUM :

KEPUTUSAN “ISI DESKRIPSI” 

Nomor : “ISI DESKRIPSI” 

TENTANG

“ISI DESKRIPSI”

Translate »
Skip to content